Suara. com – Cara derek mobil matik yang mogok berbeda dari mobil bertransmisi manual. Jika dilakukan asal-asalan, akan bisa merusak sistem gigi pada kendaraan roda empat. Mengambil mobil88, ada beberapa hal dengan perlu diperhatikan saat terpaksa kudu menderek mobil matik agar tak rusak.

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

Suara. com – Cara derek mobil matik yang mogok berbeda dari mobil bertransmisi manual. Jika dilakukan asal-asalan, akan bisa merusak sistem gigi pada kendaraan roda empat.

Mengutip mobil88 , ada beberapa hal yang perlu diperhatikan masa terpaksa harus menderek mobil matik agar tidak rusak.

  1. Netral
    Pertama, pastikan mobil pada posisi netral dan gunakan fhift lock bila perlu Ketika mau menderek mobil atau mendorong mobil, pastikan tuas transmisinya berada di posisi N (Netral).

    Selain itu jika harus mendereknya dengan model derek tarik maka sepatutnya menggunakan shift lock dan posisikan transmisi ke posisi N jadi tetap bisa mencabut kunci mobil atau mematikan sistem kelistrikan mobil.

  2. Enggak bisa hidup dengan didorong
    Bagi para pemilik mobil manual yang mobilnya mogok karena kehabisan daya aki tentu saja sering melakukan start dorong (jump start) dengan memasukkan posisi transmisi ke gigi 1 atau dua dan mendorong mobil secara segera untuk menyalakan mesin. Namun sayangnya hal itu tidak bisa dilakukan di mobil dengan transmisi matic.

    Walaupun tertera tulisan 1-2 dan 3 pada tuas gigi matic, tetap saja pengoperasiannya butuh tekanan oli ketika mobil dinyalakan. Jadi jangan pernah coba jika melakukan start dorong pada mobil matic karena selain tidak ada gunanya juga berpotensi merusak transmisi matic itu sendiri.

  3. Gunakan derek gendong
    Di zaman saat ini ini, mobil derek gendong semakin banyak populasinya. Oleh karena itu gunakanlah mobil derek dengan jenis itu karena mobil derek dengan jenis ini membuat ban mobil tak bergerak sehingga aman untuk mobil matik.
  4. Menerbitkan penggerak roda
    Bila yang tersedia hanya mobil derek tarik, perhatikan penggerak roda mobil. Apabila mobil menggunakan penggerak roda depan, sebaiknya angkatlah bagian ajaran mobil, begitu juga apabila mobil menggunakan penggerak roda belakang maka roda belakanglah yang diangkat.

    Cara ini digunakan untuk menyekat putaran berlebihan pada transmisi matic yang tentunya akan membuat rusak atau aus transmisi.

Demikianlah cara derek mobil matik yang benar & tidak membuat mobil cepat rusak.

Baca Juga: Cara Mengerem Mobil Matik yang Benar Saat Hadapi Ulama Menurun

Harold Brown