Suara. com – Selama tersebut Anda mungkin mengira SIM yang ada di Nusantara hanyalah SIM A, SIM B, dan SIM C. Ternyata saat ini telah tersedia SIM D sebagai surat izin mengemudi untuk para pengendara difabel.

Jackpot hari ini Result Sidney 2020 – 2021.

Suara. com berantakan Selama tersebut Anda mungkin mengira SIM yang ada di Nusantara hanyalah SIM A, SIM B, dan SIM C. Ternyata saat ini sudah tersedia SIM D sebagai surat izin mengemudi bagi para pengendara difabel.

Semacam SIM lainnya, untuk menggondol SIM D juga harus melalui ujian. Ketentuan menerjang SIM D juga sudah ada di Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Pikulan Jalan.

Tetapi bagaimana cara memperoleh SIM D. Mengutip Wahana Honda, begini prosedur memperoleh SIM D untuk pengendara Difabel.

Seperti SIM lain, untuk memperoleh SIM D pengendara Difabel harus menjalani teguran berupa ujian teori serta ujian praktik, masing-masing pada lapangan ujian dan ustaz raya.

Baca Juga: Viral Video Gadis Indah Lagi Bikin SIM, Petugas sampai Salting Gegara Itu

Soal yang diujikan berupa wawasan umum berkendara di jalan. Dalam ujian teori ini peserta hanya diberikan waktu selama 15 menit untuk menjawab 30 soal. Kriteria kelulusan dalam ujian teori SIM D yaitu harus menjawab 21 soal dengan benar, atau hanya menjawab 9 soal yang salah dengan nilai minimal 7.

Setelah melakukan ujian teori, pemohon diminta menunggu koreksi dan buatan ujian tersebut oleh awak pengawas. Hasil ujian prinsip diumumkan sekitar 15-30 menit kemudian. Apabila lulus, pengikut dipersilakan mengikuti ujian pengerjaan. Apabila tidak lulus teguran teori, petugas akan menodong untuk kembali datang ke ujian ulang sekitar perut minggu berikutnya.

Syarat Membuat SIM D

Pemohon harus berusia lebih dari 17 tahun, memenuhi syarat administratif memiliki KTP, dan cek kesehatan. Hal terpenting, pemohon dengan kondisi disabilitas langgeng memiliki penglihatan dan pendengaran normal.

Prosedur yang perlu dilakukan oleh pemohon buat membuat SIM D ini perlu memberikan surat masukan kesehatan dokter, bukti pembayaran PNBP SIM dari bank, mengisi formulir pemohon penerbitan SIM, dan melakukan pendaftaran.

Menyuarakan Juga: Pantang Menyerah, Pria Ini Rela Tes Sebanyak 192 Kali demi Dapatkan SIM

Pendaftaran untuk membuat SIM D ini tidak bisa dilakukan via online, artinya pemohon harus datang langsung ke Satpas SIM di tanah air masing-masing. Saat akan mendaftarkan ujian SIM, kita perlu membawa fotokopi KTP serta surat keterangan sehat jasmani baik dari puskesmas ataupun klinik kesehatan di Satpas SIM.

Harold Brown