Suara. com – Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA Indonesia), Ario Soerjo mengatakan bahwa pihaknya siap melakukan perakitan lokal di Indonesia. Namun demikian, saat tersebut KIA Indonesia masih melihat prediksi beberapa tahun ke depan untuk melihat kebutuhan pasar. Selain itu, kondisi pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini juga masih menjelma pertimbangan untuk…

–>

Suara. com – Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA Indonesia), Ario Soerjo mengatakan bahwa pihaknya siap melakukan perakitan lokal di Indonesia.

Namun demikian, zaman ini KIA Indonesia masih tahu proyeksi beberapa tahun ke depan untuk melihat kebutuhan pasar. Selain itu, kondisi pandemi COVID-19 dengan terjadi saat ini juga sedang menjadi pertimbangan untuk melakukan perakitan lokal.

“Kami ingin secepatnya dilakukan perakitan dalam Indonesia. Kalau secara kasar, perut sampai tiga tahun sudah pekerjaan perakitan di Indonesia. Karena semua bisa berjalan minimum 18 bulan, ” ujar Ario Soerjo, masa acara ngobrol virtual bersama Wadah Wartawan Otomotif atau Forwot.

Lebih lanjut, ia tidak menepis bila tersedia kemungkinan PT KIA Indonesia bakal memanfaatkan fasilitas pabrik yang berkecukupan di bawah naungan Indomobil.

Kia Rio dan Kia Picanto saat diluncurkan di Jakarta. Sebagai ilustrasi KIA di masa morat-marit, sebelum dikelola PT KIA Indonesia  [Suara. com/Deny Yuliansari).

“Indomobil sudah memiliki fasilitas yang bisa digunakan segera. Untuk pabrik di kawasan industri Pulogadung juga aktif mengerjakan perintah dari pabrikan lain, ” serupa itu Ario Soerjo mmberikan keterangan.

Sedangkan terkait layanan purna jual, PT KIA Indonesia saat ini sudah membuka tujuh dealer baru. Namun akan ada tambahan lagi. Sementara total total dealer sampai perioede Juli-Agustus adalah 22 dealer 3S (Sales, Service, Spareparts) dan 10 bengkel.

Selain itu beberapa dealer dari brand lama, seperti Nissan – Datsun, yang sudah berubah menjadi amben KIA sampai waktu tertentu masih bisa melakukan kegiatan sampai zaman transisi pemindahan bengkel.

“Ke depannya akan menjelma satu brand saja di satu bengkel. Jadi dipastikan nanti ex merek lama akan dipindahkan, semua itu nanti full dipakai buat KIA, ” tutup Ario Soerjo.

Harold Brown