Suara. com porakporanda Pengguna Toyota Vios terpaksa menunaikan denda sebesar 480 dolar AS atau sekitar Rp 7 juta, akibat melaju di jalur mesin setelah mengikuti petunjuk dari permintaan navigasi, Waze. Sebuah tayangan gambar memperlihatkan, mobil hampir tidak muat di jalur khusus sepeda motor yang berada di jalan raya federal Malaysia. Akhirnya, mobil itu langsung dihentikan oleh…

–>

Suara. com – Pengguna Toyota Vios terpaksa menunaikan denda sebesar 480 dolar GANDAR atau sekitar Rp 7 juta, akibat melaju di jalur motor setelah mengikuti petunjuk dari permintaan navigasi, Waze.

Sebuah tayangan video memperlihatkan, mobil hampir tidak muat pada jalur khusus sepeda motor dengan berada di jalan raya federal Malaysia. Akhirnya, mobil tersebut langsung dihentikan oleh sekelompok pengendara roda motor yang tampak kesulitan untuk melintas.

Pengendara mobil mengatakan bahwa mereka melintasi jalur ini karena mengikuti rute yang ditampilkan oleh Waze. Selain denda berupa uang, kecerobohan pengendara mobil memungkinkan mereka mendapat hukuman kurungan selama enam bulan kurungan.

Perihal yang sempat viral ini rupanya mengundang perhatian dari perusahaan penyedia layanan. Dalam pernyataannya, Waze mencatat bahwa aplikasi terkadang memang tidak menawarkan rute terbaik.

Ilustrasi Toyota Vios. [Shutterstock]

Hal tersebut mungkin karena kesalahan pada peta, kurangnya data lalu lintas yang benar untuk tujuan yang dipilih, atau informasi yang salah untuk rute yang lebih cepat.

“Kami selalu berupaya meningkatkan sistem algoritma supaya dapat menyarankan rute yang optimal. Namun, mungkin ada rute dengan lebih baik daripada yang disarankan oleh Waze, ” tulis perusahaan, dikutip dari Autoevolution , Senin (7/9/2020).

Namun, sampai saat ini belum ada konfirmasi lantaran petugas berwajib apakah benar kecacatan terjadi pada aplikasi navigasi atau pengemudi memang sengaja mengambil belang sepeda motor untuk rute yang lebih pendek.

Harold Brown