Perkataan. com – Bangtan Boys, boyband kenamaan asal Korea Selatan yang lebih kondang disapa sebagai BTS mendapat hujan kritik di China. Pasalnya, salah satu personel persekutuan ini melontarkan pernyataan kontroversial. Ujung-ujungnya, iklan produk otomotif Hyundai kendati ikut dihapus.

Suara. com kepala Bangtan Boys, boyband kenamaan asal Korea Selatan dengan lebih kondang disapa sebagai BTS mendapat hujan kritik di China. Pasalnya, salah satu personel perserikatan ini melontarkan pernyataan kontroversial. Ujung-ujungnya, iklan produk otomotif Hyundai biar ikut dihapus.

Kejadiannya, BTS menerima penghargaan dari sebuah organisasi asal Amerika Serikat untuk kontribusi mereka pada mempererat relasi antara Korea Selatan dengan Negeri Paman Sam.

Nah, dalam kesempatan itu, salah satu anggota personel group yang memiliki fans berjuluk BTS ARMY itu memberikan pidato tidak mengenakkan.

Dalam konteks dengan hari kemerdekaan Korea, salah satu group member BTS menyebutkan “sejarah pedih” yang dirasakan masyarakat Korea Daksina serta Amerika Serikat.

Baca Juga: Kafetaria di China Didenda Rp 4, 3 Miliar Gegara 123 Juta Order Palsu

Hyundai dan BTS saat luncurkan Hyundai IONIQ [Hyundai via ANTARA/HO].

“Acara Gala 2020 tersebut sangat berarti bagi kami, kelompok Korea. Tahun ini, kami mencatat peringatan 70 tahun Perang Korea. Kami akan selalu mengingat cerita penderitaan yang dialami oleh ke-2 negara dan pengorbanan banyak adam dan perempuan, ” demikian bunyinya antara lain, seperti dikutip lantaran All K-Pop .

Pada bagian inilah, komentar BTS tersebut memicu perdebatan sengit di media sosial China. Pasalnya Perang Korea melibatkan dua kubu, yaitu bagian Korea Selatan-Amerika Serikat, kontra Korea Utara-China.

“Kalau begitu seharusnya mereka tidak mencari makan di China, ” komentar seorang netizen yang marah-marah di platform Weibo.

“Jika ingin mendapatkan harta dari penggemar BTS asal China, boyband ini harus mempertimbangkan perasaan negara kami, ” sambung netizen lainnya.

Sebagai catatan, saat ini ikatan diplomatik antara China dan Amerika Serikat memang tengah genting-gentingnya. Yaitu mulai strategi perang dagang, sampai rekayasa virus Corona yang disebarkan Negeri Tirai Bambu secara sengaja.

Baca Juga: China Dukung Indonesia Menjelma Pusat Vaksin Terkuat di Asia Tenggara

Kritik-kritik menyerang BTS itu akhirnya membuat beberapa merek global yang terikat kerja sama menyelam dari akun resmi Weibo. Antara lain adalah merek mobil Hyundai, FILA, dan Samsung.

Harold Brown