Suara. com – Salah satu kuncian keberhasilan dalam body repair adalah cara dempul mobil yang benar. Tanpa sampai pilih bengkel atau wadah perbaikan body dengan hasil tak memuaskan gara-gara teknik dempulnya salah.

–>

Suara. com – Salah satu kuncian keberhasilan di dalam body repair adalah cara dempul mobil yang benar. Jangan datang pilih bengkel atau tempat pembaruan body dengan hasil tak membalas gara-gara teknik dempulnya salah.

Menurut Antonius Irwan, Kepala Bengkel Body & Paint Auto2000 Pasar Kemis, Jakarta, dempul sendiri berfungsi mengisi belahan. Dan dalam body repair, bila ada spot yang rusak kudu diampelas hingga punya kontur landai lantas diisi materi itu.

“Dempul berfungsi memasukkan celah pada bagian yang telah dibuat landai dan bisa dianalogikan sebagai suatu lembah. Nah, kaki gunung itulah yang akan kami muatan dengan dempul, ” ujar Antonius Irwan dalam live Instagram ” Tanya Bengkel” pada Kamis, baru-baru ini.

Untuk diketahui, dalam proses dempul ada dempul itu sendiri dan ada hardener, sehingga terdapat dua komponen. Serasi namanya hardener berguna untuk membekukan dempul.

Dempul mobil, sebagai ilustrasi (Facebook/Cadde Hikayeleri)

Jangan salah, Antonius Irwan mengungkapkan bahwa ada saja pihak yang terkadang hanya pakai satu bagian. Jadi ada yang tinggal didempul saja, dan tanpa hardener ditunggu sampai kering.

Efeknya adalah saat tepat panas maka dempul bakal berlinang. Jika demikian terjadilah perubahan wujud dan membuat cat jadi kurang bagus.

“Kami selalu pakai dua bagian. Kami pastikan sampai mengeras sebab reaksi kimia hasilnya pasti tak akan berubah, ” tandasnya.

Sebagai catatan, proses pendempulan di Auto2000 sendiri memakai teknologi infrared agar hasil dempul merata sekaligus cepat. Sehingga proses pengecatan tiga panel di Auto2000 hanya memakan waktu sekitar tujuh jam.

“Datang pagi, sore mobilnya bisa diambil, ” tutup Antonius Irwan.

Maka pastikan, ada dua komponen dipakai saat mobil kesayangan mesti didempul. Hasil pun mulus dan tak meninggalkan bekas.

Harold Brown