Suara. com – Negeri India dalam waktu dekat mau melarang mobil-mobil tanpa airbag di kursi depan untuk dijual dalam negara tersebut, demikian diwartakan Times of India pekan ini. Departemen Transportasi India diperkirakan mulai tahun depan akan mewajibkan setiap mobil yang dijual di negara itu memiliki dua airbag di jalur kursi depan.

Jackpot hari ini Result HK 2020 – 2021.

Suara. com – Pemerintah India dalam waktu dekat akan melarang mobil-mobil minus airbag di kursi depan untuk dijual di negara tersebut, demikian diwartakan Times of India pekan ini.

Kementerian Transportasi India diperkirakan berangkat tahun depan akan mewajibkan pada setiap mobil yang dijual di negara itu memiliki dua airbag dalam baris kursi depan.

Sebelumnya pada 2019, negeri India sudah mewajibkan semua mobil yang dijual di negara itu memiliki airbag untuk pengemudi. Tahun depan, yang akan ditambah merupakan airbag untuk penumpang di kedudukan depan.

Lalu bagaimana di Indonesia?

Di Indonesia, fitur airbag belum menjadi aturan wajib, walaupun sejak beberapa tahun lalu telah muncul berbagai wacana untuk menjadikan fitur keselamatan tersebut sebagai bagian wajib.

Baca Selalu: Canggih! Ducati Memiliki Jaket yang Bisa Keluarkan Airbag, Ini Dia Bentuknya

Meski dinilai penting, pabrikan kendaraan dinilai penolakan jika airbag dijadikan fitur wajib karena bisa membuat harga jual mobil naik drastis.

Peraturan Menteri Perhubungan No. 33 Tahun 2018 mengenai Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor, airbag tidak termasuk dalam persyaratan. Pemeriksaan Tipe merupakan salah satu sarana sebelum mobil bisa diproduksi dengan massal.

Dalam Pasal 52 ayat 7 belum disebutkan airbag sebagai salah satu komponen wajib mobil. Pada sana cuma ada kerangka tumpuan, motor penggerak, sistem transmisi, bentuk suspensi, sistem rem, jarak sumbu, lebar jarak, berat kendaraan bermotor, sumbu dan roda, tipe serta jumlah klakson, serta JBB dan JBKB.

Harold Brown