Suara. com – Rem adalah bagian penting dari fitur keamanan di mobil. Fungsinya mengarahkan kecepatan kendaraan serta menghindarkannya sejak tabrakan dengan berbagai obyek dengan ada di jalan raya. Seperti berbagai fitur lainnya di kendaraan, rem perlu perawatan secara maksimal. Bila kondisi rem kurang asli, tentulah bahaya besar. Karena tersebut, sangat tidak disarankan untuk mengendarai mobil yang…

–>

Suara. com semrawut Rem adalah periode penting dari fitur keamanan di mobil. Fungsinya mengendalikan kecepatan kendaraan serta menghindarkannya dari tabrakan dengan berbagai obyek yang ada di jalan raya.

Seperti berbagai fitur yang lain di kendaraan, rem perlu perawatan secara maksimal. Bila kondisi rem kurang pakem, tentulah bahaya luhur. Karena itu, sangat tidak disarankan untuk mengendarai mobil yang memerlukan penanganan rem secara serius. Atau dengan kata lain kondisinya tidak prima.

Dikutip dari Suzuki Nusantara , berikut penyebab rem mobil bisa berada dalam kondisi kurang pakem serta cara mengatasinya.

Patra rem

  • Penyebab utama lantaran tidak maksimalnya kerja rem yakni kurang perawatan. Jika menginjak rem dan kendaraan masih terus meluncur, kondisi minyak rem perlu diperiksa.
  • Minyak rem dengan mampet karena kotoran mesin menjalar dari mesin membuat rem tak mendapat minyak dari nipple yang tersumbat. Rawatlah mesin secara tetap sehingga tidak ada lagi kotoran yang menyumbat nipple rem. Masa kondisinya tanpa hambatan atau sumbatan, saat menginjak rem maka minyak rem akan keluar.
Rem Mobil Korban Modus Bengkel Bayangan dalam Puncak Bogor. Sebagai ilustrasi pentingnya perawatan mobil termasuk bagian rem (Facebook/Roy)

Booster Rem

  • Booster rem juga bisa menjadi penyebab terhambat rem. Biasanya akan terasa sangat kesulitan saat menginjak rem. Pedal rem akan terasa sangat cepat jika diinjak. Biasanya akan berlaku kebocoran pada komponen rem itu sendiri. Bisa mengecek booster & membersihkan bagian tadi.

Kanvas Rem

  • Rem tidak akan bekerja bila kanvas rem sudah menipis. Tipisnya kanvas bukan berarti peranti ongkang-ongkang, melainkan jadi kurang pakem. Solusinya mengganti kanvas rem dengan yang baru.

Secara kata lain, perawatan berkala kendaraan jadi kunci agar kendaraan pada kondisi yang maksimal. Bawalah instrumen secara rutin ke bengkel resmi sehingga kerusakan sekecil apapun bisa ditangani.

Kebobrokan pada kendaraan yang bertumpuk akan membuat mobil tidak nyaman sekali lalu tidak aman. Dari segi imbalan pun, kendaraan yang sudah terlalu banyak punya pekerjaan rumah ataupun PR akan memakan banyak kos karena bagian-bagian yang harus diganti membutuhkan biaya yang tidak kurang.

Harold Brown