Suara. com berantakan Perusahaan rintisan atau startup asal India, mengklaim sudah berhasil menemukan cara mendaur ulang baterai mobil buat menghindari terjadinya penumpukan limbah baterai bekas. ACE Green Recycling mengaku telah mengembangkan sebuah inovasi dengan memakai proses suhu ruangan untuk mengubah timbal dari aki bekas menjadi bahan asli.

Info seputar SGP Hari Ini 2020 – 2021.

Suara. com – Perusahaan rintisan atau startup pokok India, mengklaim telah lulus menemukan cara mendaur ulang baterai mobil untuk menghindari terjadinya penumpukan limbah aki bekas.

ACE Green Recycling mengaku telah mengembangkan suatu inovasi dengan memanfaatkan cara suhu ruangan untuk menukar timbal dari baterai isyarat menjadi bahan murni.

“Saya pikir itu langkah yang bagus dan jika layak secara ekonomi, itu adalah langkah dengan luar biasa, ” introduksi Richard Fuller, CEO ACE Green, dikutip dari Autoblog .

Pada pabrik daur ulang perusahaan yang terletak di Ghaziabad, India, perusahaan tersebut menggunakan mesin listrik untuk memurnikan komponen timbal dari baterai bekas menjadi briket, dengan kemudian akan dijual balik ke produsen baterai. Tengah bahan plastik dan bagian lainnya akan didaur ulang secara terpisah.

Baca Juga: Keren, Honda Stop Produksi Mobil Bensin Tiba 2040

Atas temuan ini, beberapa analis & ahli mengatakan teknologi anyar ini menjanjikan tetapi sedang terlalu dini untuk mengatakan apakah layak secara komersial dalam skala besar.

Biasanya, unit daur ulang baterai tradisional menggunakan tungku ua panas dengan suhu lebih dari 1. 000 posisi Celcius untuk memurnikan bagian timbal.

Sketsa isi ulang baterai mobil listrik. (Shutterstock)

Jika tidak diatur, hal ini justru dapat menimbulkan polusi karena mampu menghasilkan asap beracun serta limbah yang menyerap ke air tanah.

Bahkan, dalam studi dengan dilakukan Pure Earth & Green Cross Switzerland mengatakan daur ulang baterai timbal adalah industri paling berpolusi di dunia.

“Emisi serta debu buronan yang dilepaskan dari peleburan skala kecil dan pengecoran timbal lebur dan dari limbah adalah jalur paparan utama, ” dalam laporan 2016.

Baca Pula: Rombak Kaki-kaki, UBL Kembali Jajal Mesin Listrik BL-SEV01 Lintasan

Sedangkan analis utama Wood Mackenzie, Farid Ahmed, mengucapkan teknologi baru memiliki daya untuk menjadi pengubah tipuan di industri otomotif.

Harold Brown