Suara. com – Pandemi COVID-19 membuat pemasaran PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Honda di Indonesia merosot tenggat 49 persen. Namun, belakangan penjualan produsen otomotif berlogo “H” ini mulai mengalami pertumbuhan. Salah satunya menggunakan strategi penjualan digital, yang dianggap sebagai kunci.

Suara. com berantakan Pandemi COVID-19 mendirikan penjualan PT Honda Prospect Mesin (HPM) sebagai Agen Pemegang Tanda (APM) Honda di Indonesia turun hingga 49 persen.

Namun, belakangan pemasaran produsen otomotif berlogo “H” ini mulai mengalami pertumbuhan. Salah satunya menggunakan strategi penjualan digital, yang dianggap sebagai kunci.

“Pencapaian kami untuk penjualan online di atas 50 persen. Kami beradaptasi dengan kebiasaan konsumen yang berubah, lewat cara pemasaran produk, ” jelas Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM.

Ia menambahkan, medan Honda Brio virtual modification, Honda racing simulation, serta terakhir ialah Hidup Sehat bersama Honda selalu menjadi cara marketing untuk mengekspos konsumen supaya bisa hidup segar.

Baca Juga: Kapan Honda Bawa Buatan Ramah Lingkungan ke Indonesia?

Ilustrasi belanja online. (Shutterstock)

Selain itu, Honda juga menggunakan marketplace selain website Honda sendiri. Jadi tersedia kebiasaan yang sudah mulai berganti dari konsumen.

“Digital marketing sangat efektif dari penjualan sampai purna jual, ” rata Yusak Billy.

Sepanjang September lalu, Honda membukukan penjualan retail 5. 835 unit secara Nasional, atau meningkat 20 persen dibandingkan penjualan bulan sebelumnya. Jadi secara total, penjualan Honda di tahun ini sudah terkumpul 55. 548 unit.

Dalam denah pemasaran September itu, Honda Brio menyumbangkan kontribusi 62 persen untuk Honda dengan penjualan 3. 622 unit, sekaligus menjadikannya model secara penjualan tertinggi di Indonesia di September lalu.

Honda Brio Satya menjadi ragam dengan penjualan tertinggi bagi Honda dengan total 2. 507 bagian, meningkat 33 persen dibanding kamar sebelumnya.

Sementara itu, penjualan Honda Brio RS juga meningkat sebesar 80 persen dari 621 unit menjadi 1. 115 unit pada September lalu.

Baca Selalu: Rencana Relaksasi Pajak Ditolak, Honda Berharap Penjualan Lekas Pulih

Harold Brown