Suara. com – Agar petani bisa mendapatkan media tanam dengan tepat untuk dikaryakan dan kelak menghasilkan panen yang membanggakan, saat ini tersedia mobil uji tanah. Apakah itu? Dikutip dari kantor informasi Antara, mobil uji tanah merupakan sebuah inovasi dari PT Petrokimia Gresik yang bertujuan semakin mempermudah petani khususnya dalam memilih gemuk yang cocok untuk pertaniannya. Caranya adalah…

–>

Suara. com – Agar petani bisa mendapatkan media tanam yang tepat untuk dikaryakan dan kelak menghasilkan panen yang membanggakan, saat ini tersedia mobil uji tanah.

Apakah itu?

Dikutip dari kantor berita Antara , mobil uji tanah adalah sebuah inovasi lantaran PT Petrokimia Gresik yang bertujuan semakin mempermudah petani khususnya pada memilih pupuk yang cocok buat pertaniannya. Caranya adalah mengirim mobil kategori Multi-Purpose Vehicle (MPV) ke daerah petani yang membutuhkannya.

Dengan mobilitas tinggi, tunggangan kategori MPV   dengan logo brand Toyota tersebut bisa menjangkau bahkan ribuan kedudukan, sehingga bisa bergerak kemana selalu di daerah yang membutuhkan.

“Inovasi ini kita apresiasi, dengan begini mereka lebih tepat untuk menentukan hajat petani. Mobil ini berfungsi jadi alat tes, sebelum melakukan cara pertanian, termasuk sawah dan perkebunan bisa di tes dulu, bisa langsung dites di tempat, ” papar Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Ilustrasi benih [Shutterstock].

Ia sendiri mengapresiasi pembaruan PT Petrokimia Gresik yang sudah menciptakan mobil uji tanah. Harapannya, masalah yang dihadapi para petani bisa teratasi dengan hadirnya mobil itu.

“Saya dengar inovasinya dan beta tertarik. Saya mewakili masyarakat & petani, brsama inovasi ini, semoga banyak masyarakat atau petani khususnya yang membutuhkan akan bisa dibantu, ” kata Andi Sudirman Sulaiman pada acara pengenalan mobil uji tanah di Makassar, Rabu (2/9/2020).

Adapun operasional mobil uji tanah menjadi medium untuk menguji tingkat kelayakan desa. Sesudah proses pemeriksaan, petugas sanggup memberikan rekomendasi pemupukan yang pas, sesuai lokasi dan komoditi.

Mobil ini juga menjadi sarana informasi, pelayanan pelanggan, serta media promosi untuk perusahaan.

Sebelum meluncurkan mobil uji desa, Wagub Sulsel menerima Vice President PT Petrokimia Gresik Muhammad Ihwan F, di Kantor Gubernur Sulsel.

Harold Brown